• Feb 15

    Tips Design Souvenir Untuk Kantor

     

    Souvenir kantor di butuhkan oleh sebuah perusahaan untuk menunjang upaya promosi. Dalam acara yang diselenggarakan untuk pengenalan produk, suatu perusahaan perlu memberikan souvenir sebagai cendera mata kepada peserta. Bagi perusahaan yang menggandeng EO untuk penyelenggraan, perusahaan perlu tetap terlibat dalam pemilihan souvenir yang akan di berikan. Salah memilih souvenir akan membuat tujuan promosi tidak dapat di capai dengan baik. Souvenir kantor juga bisa digunakan sebagai produk tambahan dari produk utama yang di jual kepada pasar. Mungkin bisa di istilahkan sebagai bonus. Souvenir untuk di jadikan bonus produk juga perlu di desaign dengan baik, agar ada manfaat berarti bagi perusahaan. Ada lagi fungsi souvenir kantor juga sebagai cendera mata bagi karyawan kantor sendiri, hal ini baik untuk menjaga hubungan baik kantor dengan karyawannya.

    Terlepas dari apapun fungsi souvenir kantor, pastinya souvenir tersebut perlu di desaign dengan baik agar memberikan nilai manfaat bagi perusahaan terkait. Lalu bagaimana desaign yang tepat untuk suatu souvenir kantor? Berikut tips desaign souvenir kantor yang baik.

      1. Bentuk souvenir menyesuaikan siapa penerimanya

    Seringkali desaign yang dibuat sangat ditentukan oleh bentuk souvenir apa yang dipilih. Sebelumnya, memilih bentuk souvenir memanglah sangat penting karena menentukan seberapa banyak informasi yang bisa Anda tampilkan dalam souvenir tersebut. Selain pertimbangan pembuatan desaign, juga perlu dipertimbangkan adalah karakter pasar yang menerima souvenir tersebut. Sesuaikan bentuk souvenir dengan karakter pasar, misalkan karakternya remaja maka pilihlah souvenir yang di butuhkan oleh usia remaja seperti bolpoin, bisa di variasi dalam bentuk USB, topi, kaos, atau tas. Jika karakter remaja di berikan souvenir yang berhubungan dengan alat rumah tangga misalkan seperti gelas, payung, mug akan kurang bernilai di mata pasar. Utamakan souvenir yang Anda pilih dibutuhkan pasar, barulah pertimbangan kedua adalah seberapa ruang yang bisa di berikan souvenir tersebut untuk menampilkan desaign souvenir kantor Anda.

      2. Menampilkan logo, gambar, atau takeline perusahaan

    Dalam desaign souvenir yang paling penting Anda tampilkan adalah logo perusahaan. Karena logo menjadi ciri khas atau identitas suatu perusahaan. Pastikan logo Anda terlihat dengan jelas dengan desaign yang Anda buat. Selain itu, jika ada ruang mencukupi pada souvenir bisa di tambahkan gambar penunjang, atau takeline perusahaan yang utamanya menjelaskan produk Anda secara singkat. Anda perlu memilih vendor pembuatan souvenir yang memberikan penempatan logo perusahaan Anda pada souvenir dengan tepat.

      3. Mencantumkan Informasi perusahaan lainnya

    Design souvenir yang baik sebaiknya bisa menampung sebanyak mungkin informasi secara singkat dari perusahaan, seperti no telp, email, alamat, dsb. Namun jika souvenir yang Anda pilih tidak memberikan cukup ruang untuk menampilkan informasi lebih banyak maka jangan dipaksakan. Jika di paksakan maka akan terlihat desaignya terlalu ramai dan tidak enak di pandang. Akibatnya souvenir yang dilihat tidak akan menarik dan mengurangi efektifitas fungsi promosinya.

      4. Tidak terlalu banyak warna

    Usahakan desaign souvenir yang Anda buat tidak terlalu banyak variasi warnanya. Tujuannya agar logo perusahaan Anda bisa menjadi focus dan bisa di lihat secara jelas. Cukup dengan backround desaign 1-2 warna saja dan kemudian di tampilkan logo maupun informasi perusahaan lainnya dengan ukuran yang proporsional. Pilihan warna yang ramai akan mengganggu focus pengelihatan pada desaign. Padahal tujuan dari souvenir kantor sebagai salah satu upaya promosi, maka sebaiknya souvenir tersebut sederhana namun bisa menampilkan logo perusahaan dengan jelas.

     

    Demikian tips dalam membuat desaign souvenir kantor. Pastikan desaign yang Anda buat tepat dan menunjang tujuan promosi, Koreksi dengan tepat desaign souvenir kantor Anda sebelum memberikannya kepada vendor yang akan membuat souvenir Anda.

     

    Artikel ini ditulis oleh Niknik Bestar.

    Copyright © 2014 by PT Vegnastar Indoglobal

New Post Old Post